USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

kuliah-umum.jpg

Kuliah Umum Dr. Dedy Wicaksono dari Swiss German University

kuliah-umum-dedy-wicaksono

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, khususnya Program Studi Teknik Elektro, pada 20 Desember 2016 diselenggarakan Kuliah Umum bertajuk “Nanomaterials-Modified Hierarchically Structured Natural Fibers As Micro Electro-Mechanical Systems” yang bertempat di Aula Fakultas Teknik UNIB dengan pembicara Dr. Dedy H. B. Wicaksono, M.Eng.

Dr. Dedy Wicaksono, merupakan dosen pada Biomedical Engineering Department, Faculty of Life Sciences and Technology, Swiss German University (SGU), Tangerang, Indonesia. Dr. Dedy yang baru saja bergabung sebagai dosen di SGU sebelumnya adalah Dosen pada Faculty of Health Science and Biomedical Engineering, Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Bidang yang ditekuni oleh Dr. Dedy Wicaksono adalah textile-based biomedical device, Bio-MEMS (micro electro-mechanical systems), textile-based microfluidics, dan flexible and wearable biomedical devices. Di institusinya Dr. Dedy mengajar mata kuliah Biomechanics, Instrumentasi Biomedis, Pengenalan Teknik Biomedis, Biomaterials, dan Sesor dan Transducer.

Dipandu oleh moderator Faisal Hadi, ST, MT, Dr. Dedy menjelaskan MEMS yang dimulai dari fabrikasi, karakterisasi, kemudian melakukan pengujian, hingga bisa menjadi sebuah desain. Pemateri menyampaikan materi dengan cara yang santai serta memberikan berbagai analogi agar dapat lebih mudah dipahami oleh peserta yang hadir khususnya mahasiswa mengingat materi yang disampaikan cukup asing bagi mahasiswa Teknik Elektro.

Penelitian pada bidang MEMS non konvensional menjadi penting disebabkan aplikasi sistem MEMS yang tersedia saat ini masih mahal khususnya untuk aplikasi biomedis karena material yang digunakan dan proses yang dilakukan membutuhkan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu perlu dicari material lain yang lebih murah dan mudah dalam pembuatannya. Material tersebut harus memiliki siklus pengembangan yang cepat dengan desain yang dapat di-customized dan dapat produksi secara ekonomis dalam jumlah terbatas untuk menggantikan fabrikasi MEMS berbasis silikon.

Kain katun berasal dari kapas yang merupakan serat alami yang bersifat hierarchically structured yang pemrosesannya tidak menuntut kondisi lingkungan yang sangat ideal. Katun dipilih karena merupakan material yang sustainable, atau akan selalu tersedia. Karakteristik serat dapat dimodifikasi menggunakan nanomaterial, sehingga serat yang tadinya tidak konduktif dapat berubah menjadi konduktif.

Para peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan penyampaian materi. Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri dalam sesi tanya jawab. Acara kuliah umum ditutup dengan pemberian sertifikat dan cendramata kepada pemateri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Gusta Gunawan, dan Ketua Program Studi Teknik Elektro, M. Khairul Amri Rosa.

Watch video:

 

Related: Kuliah Umum Dr. Dedy Wicaksono dari Swiss German University

 

Kunjungi Saluran Program Studi Teknik Elektro Unib di

Youtube - Program Studi Teknik Elektro Unib

Youtube Videos

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan