USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

hut-himatro.jpg

Ikuti Kontes Robot Indonesia Regional 1, Tim Robotik Fakultas Teknik Unib Raih Peringkat Delapan

Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 1 Sumatera diselenggarakan di Politeknik Negeri Padang, 15 – 18 Mei 2014. KRI ini memperlombakan berbagai macam kategori yaitu kontes robot pemadam api (KRPAI), kontes robot abu (KRAI), kontes robot sepakbola (KRSBI) dan kontes robot seni (KRSI). Dalam event ini, Tim Robotik Fakultas Teknik Unib yang dimotori oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yang dibimbing oleh salah seorang dosen Teknik Elektro, Indra Agustian, ST, M.Eng. mengirimkan dua tim untuk mengikuti KRPAI robot beroda dan KRPAI robot berkaki.

Tim KRPAI robot berkaki yang diberi nama Uncu Emas V2 beranggotakan Syahdano Yamadasi, Muhammad Fadli, Hardika dan Bobbi Jalu. Pada kesempatan tim Uncu Emas V2 menduduki peringkat ke 8 dari 16 tim yang mengikuti segmen ini. Sementara itu tim KRPAI robot beroda yang diberi nama Uncu Perak V2 terdiri atas Herdi Fadillah, Harry Sapta, Aftarianda dan Zey. Sayangnya, tim KRPAI robot beroda ini mengalami beberapa masalah selama di Padang sehingga hanya menempati posisi 20 dari 24 kontestan.

Menanggapi hasil yang diperoleh pada event ini, meskipun merasa cukup puas, Indra Agustian menyampaikan kendala utama yang dihadapi oleh tim robotik Unib adalah masalah dana. Dia mengatakan robot-robot yang ditampilkan oleh tim-tim peringkat atas dilengkapi dengan banyak sensor canggih berharga mahal yang ditaksir membutuhkan biaya di atas dua puluh juta rupiah. Sedangkan robot yang dibawa oleh tim Unib hanya menggunakan peralatan-peralatan standar yang nilai totalnya tak lebih dari enam juta rupiah. Diharapkan dengan dukungan lebih dari universitas, tim robotik Unib bisa meraih juara.

Salah seorang anggota tim Uncu Emas V2, Syahdano Yamadasi, mengatakan bahawa event KRI ini merupakan satu cara untuk memperkenalkan Teknik Elektro Unib secara nasional. Dia menambahkan meskipun dengan dukungan dana yang relative minim, tim robotik Unib masih bisa bersaing dengan tim lainnya. Harapannya, untuk event serupa di tahun-tahun mendatang Unib bisa menjadi juara karena sebenarnya potensi itu ada asalkan seluruh tim tetap bersemangat dan mampu bekerja sama dengan baik.

Inilah penampilan si robot berkaki Uncu Emas V2

uncu emas v2

Kunjungi Saluran Program Studi Teknik Elektro Unib di

Youtube - Program Studi Teknik Elektro Unib

Youtube Videos

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan