USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

1-min.jpg

Rian Novriansyah, Delegasi Indonesia–China Youth Exchange Program (ICHYEP) 2016 dari Bengkulu

 

ichyep2016

Delegasi pemuda Indonesia yang berjumlah 100 orang berangkat mengunjungi 3 kota di Tiongkok, yaitu Beijing, Ningxia, dan Shanghai dalam kegiatan Indonesia – China Youth Exchange Program (ICHYEP) 2016. Para pemuda yang terpilih tersebut berjumlah 100 orang yang terdiri dari perwakilan 34 provinsi, perwakilan dari Kemenpora, dan perwakilan organisasi kepemudaan.

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu, Rian Novriansyah, berkesempatan menjadi salah seorang anggota delegasi Indonesia dalam ICHYEP 2016. Rian termasuk dalam 20 pemuda perwakilan organisasi kepemudaan yang terpilih melalui seleksi ketat yang diikuti lebih dari 5000 pendaftar.

Delegasi berkunjung ke Tiongkok mulai 21 September hingga 30 September 2016.  Para peserta mendapatkan pembekalan sekaligus pelepasan secara resmi dalam acara Pre Departure Training, Minggu, 18 September 2016. Selama sepuluh hari berada di Tiongkok, para peserta ICHYEP 2016 memperoleh banyak pelajaran berharga. Mulai mengenal sejarah, budaya, tata kota, pelayanan publik hingga peran wirausaha pemuda yang berada di Beijing ataupun Ningxia. Dalam kunjungannya, delegasi juga menampilkan kekayaan budaya Indonesia melalui pertunjukan seni khas daerah.

Ningxia, salah satu destinasi yang dikunjungi, merupakan wilayah dengan populasi muslim terbesar di Tiongkok. Sebab, 34 persen dari 6,32 juta penduduknya memeluk agama Islam, sehingga Ningxia dikenal sebagai provinsi muslim di Tiongkok. Disana, para peserta dapat mengenal sejarah perjalanan muslim di Tiongkok ketika mengunjungi Museum Ningxia.

ICHYEP 2016 secara resmi ditutup oleh Plt. Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Madrizal, pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 di Ballroom Hotel Ambhara, Jakarta. Para peserta diharapkan dapat menerapkan pengalaman yang diperoleh selama kunjungan di daerahnya masing-masing dan tetap menjaga persahabatan antar para peserta.

Bagi Rian, pengalaman ini memberikan banyak pelajaran yang sangat berharga. Menurutnya, Tiongkok menempatkan pemuda berperan sebagai tonggak kemajuan ekonomi dengan memberikan ruang yang sangat besar untuk berkarya di dunia kewirausahaan. Inilah mengapa saat ini Tiongkok menjadi sangat disegani negara-negara lain di dunia, bahkan oleh negara adidaya Amerika Serikat, karena kekuatan ekonomi dan peran pemudanya.

Rian menantang para pemuda delegasi ICHYEP 2016 untuk menjadi agen perubahan bagi Indonesia yang lebih maju dalam lima tahun ke depan.

ichyep2016

ichyep2016

ichyep2016

ichyep2016

(Diolah dari kemenpora.go.id)

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan