USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

hut-himatro.jpg

Luqman Arjasari Asa, Meraih Mimpi

Luqman Arjasari AsaLuqman Arjasari Asa terlahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Abidin, adalah seorang teknisi elektro di sebuah bank BUMN dan ibunya, Rosmalita, punya usaha warung manisan di rumahnya. Meski demikian Luqman punya mimpi besar sejak duduk di bangku SMP. Amerika, nama sebuah negara yang selalu lekat dalam benaknya. Keinginan terbesar dirinya adalah pergi ke negara adidaya tersebut walaupun, realistis, orang tuanya tak akan mampu membiayainya mewujudkan mimpi itu.

Sampai dia menjadi mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu, mimpi pemuda kelahiran Bengkulu, 10 Desember 1993, tersebut masih tetap sama, mimpi menginjakkan kaki di negeri Uncle Sam dan merasakan kuliah disana. Satu-satunya jalan mewujudkan mimpinya adalah meraih beasiswa. Jika bisa mendapat beasiswa dia tak perlu lagi memikirkan segala biaya termasuk biaya perjalanan dan biaya hidup selama di sana.

Pada waktu itu kemampuan bahasa Inggrisnya masih terbilang pas-pasan. Namun tekad yang kuat dalam hatinya menjaga asa meraih mimpi. Berawal ketika Luqman mengikuti tes TOEFL di kampusnya, Januari 2013, dia bertemu dengan Andri, seorang mahasiswa Fakultas Hukum Unib, yang membawanya bergabung dengan sebuah klub bahasa Inggris bernama “KITA” dengan mentor native speaker. Di klub ini, Luqman bertemu banyak mahasiswa yang sudah pernah memperoleh beasiswa ke luar negeri.

Dari sini informasi mengenai beasiswa Fulbright yang diselenggarakan oleh AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation) diperolehnya dari seorang temannya bernama Andrew. Beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa undergraduate semester 2 sampai 6 itu merupakan kesempatan baginya untuk mewujudkan mimpi besar itu. Kemudian dia berkenalan dengan Emman Sudianto Marpaung, mahasiswa Fakultas Ekonomi Unib yang baru menyelesaikan program beasiswa Fulbright Undergraduate Exchange Program di Amerika, tepat seperti program beasiswa incarannya.

Dibimbing oleh Emman, Luqman menuliskan essay untuk aplikasi Fulbright-nya. Dia berjuang keras membuat tulisan yang bagus hingga lebih dari dua puluh kali dia harus bolak-balik merevisi essay-nya. Emman terus memotivasi Luqman, karena dia berharap ada lagi mahasiswa Unib yang memperoleh beasiswa Fulbright dan merasakan kuliah di Amerika. Untuk melengkapi berkas beasiswanya, Luqman memperoleh surat rekomendasi dari Dosen yang mengajarnya dalam mata kuliah Pemrograman Komputer, Khairul Amri Rosa, Guru Bahasa Inggrisnya di SMA, Estomihi, dan mentornya di klub KITA, Nathan Nance.

Tiga minggu setelah aplikasi dikirim, Luqman memperoleh pemberitahuan bahwa dia lulus untuk mengikuti wawancara. Dia benar-benar tidak menyangka dia bisa menyisihkan ratusan pelamar lainnya. Kembali Emman berperan besar membantu membimbingnya untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara. 3 Desember 2013, ada 30 pelamar yang hadir untuk mengikuti wawancara di Jakarta. Luqman harus menaklukkan rasa gugup hingga akhirnya dia mampu menjawab seluruh pertanyaan tiga orang panelis yang salah satunya orang Amerika. Luqman berhasil membuat panelis terkesan karena dia begitu cair ketika diwawancara. Dari 30 orang yang mengikuti wawancara, 10 peserta termasuk Luqman dinyatakan lulus ke tahap akhir, yaitu tes TOEFL iBT.

Hanya ada waktu 2 bulan sebelum tes iBT. Dalam mempersiapkan diri, Luqman dibimbing oleh Budi Waluyo, seorang guru TOEFL lulusan S2 University of Manchester dan S3 Leighn University, Pennsylvania, Amerika. Dia belajar sangat keras sampai-sampai tidur selalu di atas pukul 3 pagi. Hasil kerja kerasnya, ketika mengikuti iBT di Jakarta, 22 Februari 2014, tak ada kesulitan berarti dirasakannya. Luqman senang bukan kepalang lantaran skor 77 setara 550 TOEFL berhasil diraihnya.

Tidak ada tes lain lagi harus dijalaninya dan tak ada yang dapat diperbuatnya selain berdoa. Sampai dua bulan menunggu belum ada kabar apapun mengenai aplikasi beasiswanya. Selama dua bulan itu dia selalu cemas, bagaimana jika tidak lulus, dia akan mengecewakan orangtua, guru dan teman-teman yang mendukungnya. Penantian harap cemas selama dua bulan terjawab ketika ia menerima email dari Aminef pada tanggal 23 April 2014. Luqman Arjasari Asa terpilih untuk mendapatkan beasiswa Fulbright Undergraduate Exchange Program dan akan kuliah di Amerika selama 2 semester. Betapa dia merasa bahagia, hasil kerja kerasnya selama setahun lebih terbayar lunas. The dream comes true.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung saya. Kepada para dosen di Program Studi Teknik Elektro terutama Bapak Amri, seluruh guru SMA saya, khususnya Mam Estomihi dan mentor saya di klub, Sir Nathan Nance, dan juga tema-teman dan orang tua yang sangat saya cintai”.

‘Man Jadda Wa Jada’, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasilnya. Kata-kata itu yang selalu menginspirasi seorang Luqman. Juga sebuah ungkapan, ‘usaha tidak pernah mengkhianati hasil’, semakin besar usaha yang dilakukan semakin besar hasil yang didapatkan.

Luqman berharap dengan prestasi yang diraihnya akan menginspirasi mahasiswa-mahasiswa Teknik Elektro Unib untuk merajut mimpi seperti dirinya. Jangan hanya berfikir lokal, tetapi berfikir internasional. Dia telah membuktikan bahwa mahasiswa Unib mampu bersaing dengan mahasiswa dari Universitas-universitas ternama lainnya.

BIODATA

Nama Luqman Arjasari Asa
Jenis Kelamin Laki-laki
NPM G1D012030
Fakultas / Prog. Studi Teknik / Teknik Elektro
Universitas Universitas Bengkulu
Tempat dan tanggal lahir Bengkulu, 10 Desember  1993
Alamat Jalan Sepakat Raya 3 RT/RW 20/05 kel. Sawah Lebar Baru kec. Ratu Agung, kota Bengkulu
E-mail This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No. HP 089637300950
Bahasa asing yang dikuasai Inggris
Nama ayah Abidin
Nama ibu Rosmalita
Riwayat Pendidikan
SD  
SMP  
SMA  
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan