USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

3-min.jpg

Rudi Setiawan, Sang Penulis

 

Rudi SetiawanEmas tetaplah menjadi emas dimana pun letaknya. Inilah salah satu kalimat motivasi yang paling membekas di ingatan seorang Rudi Setiawan, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu (Unib) angkatan 2011. “Mengapa demikian?”

Universitas Bengkulu sebelumnya bukanlah tujuannya mengenyam pendidikan setelah tamat dari SMA. Banyak nama perguruan tinggi yang lebih terkenal dalam bayangannya seperti ITB, ITS, IPB, UGM dan UI. Namun, desakan orang tua agar dia kuliah di Universitas Bengkulu, membuat tak ada pilihan lagi baginya. Semester awal dirasakannya seperti bom waktu, merasa tersiksa setiap hari dan berusaha mencari alasan untuk keluar dari Unib, namun semuanya sia-sia. Sampai suatu hari Rudi menemukan sebuah momentum yang membuatnya mulai merasa nyaman di Unib. Dia bercita-cita membuat nama Unib bersinar dengan prestasinya.

Awalnya menulis bukanlah hobbinya, karena terkesan membingungkan dan membosankan. Ditambah menulis perlu ide dan gagasan yang kreatif juga menarik bagi pembaca. Namun, berkat dorongan suatu lomba sayembara nasional otonomi daerah yang diselenggarakan oleh APKASI (Asosisasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) membuat rasa ingin menulis itu bangkit. Apa yang membuat dia tertarik dengan sebuah lomba karya tulis yang pembahasannya mengenai otonomi daerah dan tentunya bukan dari disiplin ilmu dituntutnya di Universitas Bengkulu? Pada saat itu jawabanya adalah hadiah berupa uang. Bagaimana tidak, juara 1 Provinsi mendapatkan uang tunai sebesar 5 juta rupiah dan juara nasional 20 juta rupiah. Dengan alasan itu Rudi mencoba memotivasi dirinya untuk menulis. Dia tak pernah menyangka mendapatkan Juara 1 untuk tingkat Provinsi Bengkulu.

Kemenangan itu membuatnya merasa nyaman dengan ‘pekerjaan’ barunya dan semakin menambah kepercayaan dirinya untuk mencoba di kompetisi lainnya. Namun, nyatanya tak semua sesuai harapannya. Hampir 10 karya yang diikutkan tak ada yang menang bahkan tak sampai menjadi finalis pada acara final. Semangat pun menurun bagaikan baju yang luntur saat dicuci.

Lalu tercetuslah sebuah tekad dalam dirinya, bila karya yang terakhir yang akan dibuatnya tidak mampu menjadikannya seorang finalis, sudahlah lupakan saja kegiatan lomba menulis. Saat itu lomba karya tulis Al-Quran yang diselenggrakan oleh Unib. Ternyata dia berhasil memperoleh peringkat tiga. Secara otomatis, semangat yang tadinya pudar bersemi kembali. Saat itu juga dia berjanji pada dirinya sendiri untuk memperkenalkan Teknik Elektro Unib ke level Nasional melalui prestasinya dan menularkannya kepada teman-teman di almamaternya sehingga bibit-bibit prestasi bermunculan dari sini.

Perjuangan demi perjuangan telah dilewati, suka maupun duka. Dari kehabisan uang sampai disepelekan menjadi hal yang biasa dari perjuangan tersebut. Akan tetapi, buah itu telah menampakkan hasilnya dengan tampilnya Rudi menjadi finalis tingkat nasional bahkan pemenang dalan kompetisi bergengsi. Hingga ada kata-kata yang memotivasi dari salah seorang teman, “Emas Tetaplah Menjadi Emas Dimanapun Letaknya”. Kata-kata itu membuatnya menyadari ada rencana Allah SWT membawanya ke Universitas Bengkulu.

 Dari prestasi demi prestasi yang diraihnya, teman-temannya juga mulai bangkit dan bersemangat untuk mencoba menulis. Dengan inisiatif untuk mewadahi semangat mereka, Rudi membentuk suatu komunitas yang diberinya nama ERCOM (Electrical Research Community) dan hasilnya sungguh menggembirakan. Baru empat bulan terbentuk, telah banyak prestasi yang diperoleh bahkan salah satunya juara 1 nasional.

Selain menekuni kegiatannya dalam menulis, Rudi juga sangat aktif dalam berorganisasi di Universitas Bengkulu. Dia menjabat sebagai sekretaris BEM KBM Unib 2013 dan menjadi Menteri Minat dan Bakat BEM KBM Unib 2014. Dan banyak lagi aktifitasnya dalam berorganisasi.

Harapan terbesarnya saat ini adalah menjadi Mahasiswa Berprestasi 2014 Unib pertama dari Program Studi Teknik Elektro bahkan dari Fakultas Teknik, yang Insha Allah akan ditentukan awal Mei 2014. Kemudian, bersama teman-teman dari Program Studi Teknik Elektro Unib lainnya akan menjadi event nasional pertama setelah 10 tahun berdirinya prodi ini, yakni National Idea Competition, sejenis LKTI, dan juga seminar nasional. Hal ini merupakan langkah baru yang akan dilakukannya mengukir sejarah di Unib ini.

BIODATA

Nama Rudi Setiawan
Jenis Kelamin Laki-laki
NPM G1D011028
Fakultas / Prog. Studi Teknik / Teknik Elektro
Universitas Universitas Bengkulu
Tempat dan tanggal lahir Pangkalpinang, 3 Juni  1993
Alamat Jl. Budi Utomo, UNIB depan Pon, Lorita, Kota Bengkulu
E-mail This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Hobi Menyanyi dan menulis karya tulis ilmiah
Bahasa asing yang dikuasai Inggris
Nama ayah Ruslan
Nama ibu Tuti Rostika
Riwayat Pendidikan
SD SDN 28 Pangkalpinang(2005)
SMP SMPN 1Pangkalpinang (2008)
SMA SMAN 1 Pangkalpinang(2011)

PRESTASI YANG DIRAIH

Event Penyelenggara Tempat Tahun Tingkat Prestasi

Olimipiade Sains Nasional (OSN) Pertamina Pertamina Jakarta 2013 Nasional Peringkat 3 dan Poster Pavorit
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) UKM P3M Universitas Bengkulu Bengkulu 2013 Nasional Peringkat 5
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Lab. Geospasial Pesisir, Parangtritis Yogyakarta 2013 Nasional Finalis
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto 2013  Nasional  Peringkat 8
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) MITI   2013 Sumbagsel Juara
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) HIMA Pend. Fisika Unib Bengkulu 2013 Sumbagsel Juara
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) HIMA Kimia Bengkulu 2013 Prov. Bengkulu Juara
Sayembara Kepenulisan Otonomi Daerah APKASI Bengkulu 2013 Prov. Bengkulu Juara
Lomba Karya IPTEK Tingkat Umum Dinas Balitbang Prov. Bengkulu Bengkulu 2013 Prov. Bengkulu Peringkat 2
Lomba Debat Mahasiswa Universitas Bengkulu Bengkulu 2013 Unib Peringkat 5
Lomba Karya Tulis Al-Quran Universitas Bengkulu Bengkulu 2013 Unib Peringkat 3
Lomba Karya Cipta Maritim Nasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2014 Nasional Peringkat 3
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan