USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected          RSS  

yudisium-29.jpg

REGATION 2014: Event Nasional Himatro

regationHimpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatro) Universitas Bengkulu akan menyelenggarakan sebuah kegiatan bersklala nasional bertajuk REGATION (Rafflesia Electrical Great Action). REGATION 2014 yang mengambil tema “Technology Change the World” ini terdiri atas 3 kegiatan yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTI) National Idea Competition (NIC) bagi mahasiswa sarjana dan diploma se-Indonesia, Seminar Nasional Robotika yang dibuka untuk umum, dan Lomba Teknologi Tepat Guna bagi siswa SMP dan SMA sederajat. Puncak dari rangkaian kegiatan dalam REGATION 2014 akan dilaksanakan pada 26 – 28 September 2014 di Universitas Bengkulu.

REGATION adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis ke-10 Program Studi Teknik Elektro Unib. Dengan semangat dan tekad untuk mendukung visi program studi, REGATION memiliki misi untuk menjadi media stimulan ide kreatif, inovatif dan aplikatif dari seluruh mahasiswa se-Indonesia dan siswa sekolah menengah se-Provinsi Bengkulu, hingga masyarakat umum demi Indonesia yang lebih baik. Karena nasib bangsa di masa depan berada di tangan anak-anak muda hari ini, melalui kegiatan ini Himatro mengajak calon-calon pemimpin bangsa bergegas untuk berinovasi dan berkreasi.

Berikut detail kegiatan REGATION 2014:

1. LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NIC (NATIONAL IDEA COMPETITION)

Peserta : Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma se-Indonesia
Pendaftaran : Rp 80.000 / tim
Tema Karya Tulis Ilmiah: : "Peran Teknologi dalam Mewujudkan Indonesia Maju 2020"
SubTema:    
  1. Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Alam Lokal.
  2. Peran Teknologi Dalam Mendorong Perkembangan Ekonomi Indonesia.
  3. Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.
  4. Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian.
  5. Peran Teknologi Dalam Mewujudkan Indonesia mandiri Energi (Energi Terbarukan).
  6. Peran Teknologi Dalam Mewujudkan pendidikan Cerdas di Indonesia
  7. Peran Teknologi Dalam Mendukung Bidang Kesehatan

Latar Belakang
Saat  ini  teknologi telah  berkembang  sangat  pesat.  Perkembangan  teknologi tersebut disebabkan oleh banyaknya tuntutan dari  berbagai  pihak  yang  membutuhkan  adanya  teknologi yang tepat dan berguna untuk dapat menjawab  segala permasalahan yang  ada. Namun di sisi lain, masih banyak permasalahan yang terjadi di beberapa sektor sehingga  menyebabkan terhambatnya perkembangan bangsa Indonesia. Permasalahan tersebut meliputi : krisis energi saat ini, kekurangan air bersih di beberapa daerah di Indonesia, kurang optimalnya proses dan hasil pertanian, semakin rusaknya lingkungan, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat kurang mampu, dan berbagai permasalahan lainnya.

National Idea Competition Mahasiswa Tingkat Nasional merupakan suatu kegiatan kompetisi ilmiah dalam rangkaian acara REGATION. Event ini merupakan kegiatan ilmiah skala nasional pertama yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Unib. Karya yang didaftarkan berdasarkan data yang dianalisis secara fokus dan runtut, sesuai dengan informasi kekinian, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Hasil karya ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ada sekarang serta dapat diaplikasikan kepada masyarakat pada umumnya. Selain itu Lomba Karya Tulis Ilmiah ini dapat digunakan sebagai ajang kreativitas antar mahasiswa se-Indonesia.

Rincian Acara

Batas Pengiriman Idea : 7 September 2014
Pengumuman 15 Finalis : 14 September 2014
Penjemputan Finalis dan Technical Meeting : 25 September 2014
Persentasi Final : 26 September 2014
Seminar dan Pengumuman Pemenang : 27 September 2014
Field Trip : 28 September 2014

Hadiah dan Penghargaan

Juara 1 :Rp 3.500.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 2 :Rp 2.000.000 + Trofi + Sertifikat
Juara 3 :Rp 1.000.000 + Trofi + Sertifikat
Juara  Harapan 1: Rp 500.000 + Trofi + Sertifikat
Juara  Harapan 2: Rp 300.000 + Trofi + Sertifikat
Juara  Favorit     : Rp 700.000 + Trofi + Sertifikat

Setiap finalis akan mendapatkan souvenir menarik dan setiap peserta akan mendapatkan E-sertifikat.

2. SEMINAR NASIONAL

Tema : “Melalui Teknologi Robotika Mari Kita Bangun Generasi Muda Indonesia yang Siap Mendunia”
Pembicara : LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
Pendaftaran : Rp. 25.000,-

3. TEKNOLOGI TEPAT GUNA (SMP-SMA/SMK/MA/SEDERAJAT)

Peserta : Siswa SMP/SMA sederajat se-Provinsi Bengkulu
Tema : Teknologi
Pendaftaran : Rp 50.000 / tim

Ketentuan:

  1. Setiap Tim terdiri dari 2-3 orang boleh laki-laki dan wanita
  2. Peserta bebas membuat teknologi apapun dengan tidak membatasi kreatifitas siswa, baik itu pupuk, pengolahan limbah, alat pendeteksi gempa dan lain sebagainya.
  3. Lomba bersifat pameran terbuka, jadi karya teknologi dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Hadiah : Jutaan Rupiah.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di laman Himatro Unib, http://te.unib.ac.id/himatro dan Facebook FanPage Rafflesia Electrical Great Action. [PANITIA]

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan