USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected         

workshop-jurnal.jpg

Pengabdian Masyarakat FT-UNIB: Inovasi Perangkat Pembersih Tangan Tanpa Sentuh Untuk Pencegahan Penularan Covid-19


pembersih tangan

Tim dosen Fakultas Teknik Universitas Bengkulu yang berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Teknik mengembangkan dispenser hand sanitizer perangkat pembersih tangan tanpa sentuh untuk pencegahan penularan Covid-19 untuk diberikan kepada masyarakat di sekitar Provinsi Bengkulu, sebagai salah satu fungsi yang tertuang dalam Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Tim pengabdian Fakultas Teknik yang diketuai oleh Ruvita Faurina, S.T., M.Eng. dan Ika Novia Anggraini, S.T., M.Eng. selaku anggota, menghadirkan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam usaha pencegahan terhadap penularan Covid-19 berupa pembersih tangan yang dapat menyemprotkan cairan hand sanitizer, menyemprotkan sabun cair, dan keran portable yang bekerja secara otomatis. Dalam kegiatan ini Tim Pengabdian Fakultas Teknik turut melibatkan beberapa mahasiswa dari berbagai Program Studi yaitu Ade Anggian Hakim, Yunita Rahmani, dan Putra Anugrah Esa. Alat penyemprot hand sanitizer ini bersifat portable menggunakan sumber energi dari baterai yang dapat diisi ulang sehingga mudah untuk dipindahkan. 

Dalam kegiatan ini, tim telah membuat sebanyak 4 set alat pembersih tangan dan diserahkan kepada masyarakat pada hari Jum’at, 23 Oktober 2020. Setiap set terdiri atas penyemprot hand sanitize, sabun cair, dan keran portable. Salah satu penerima alat adalah Madrasah Aliyyah Mabaul Ulum Bengkulu Tengah.

“Saya selaku Kepala Madrasah Aliyyah Mabaul Ulum Bengkulu Tengah mewakili para dewan guru di sini merasa sangat bangga Universitas Bengkulu terkhusus tim penelitian dari Fakultas Teknik UNIB telah mempercayai sekolah kami sebagai mitra pengabdiannya. Kami sangat berterima kasih atas upaya yang telah dilaksanakan dengan baik bahkan kami diajarkan juga cara penggunaan sekaligus perawatan dari alat yang sangat kami butuhkan di sekolah ini dalam penerapan protokol Covid-19,” kata Kepala MA Mabaul Ulum saat memberikan sambutan.

Selain MA Mabaul Ulum Bengkulu Tengah, perangkat pembersih tangan otomatis ini juga dihibahkan kepada MTS Al-Mujahadah Mukomuko, SMP N 11 Mukomuko dan Masjid Nurul Ikhlas Pondok Suguh. Dengan hibah alat hasil pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknik UNIB ini, di harapkan masyarakat dapat membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan dan dapat menekan angka penyebaran wabah virus Covid-19.

 

pembersih tangan

 

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan