USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected         

hut-himatro.jpg

Pengabdian Masyarakat Dosen Teknik Elektro di SAB Mahira Bengkulu


pengabdian-panel-surya

Metode pembelajaran sebatas penyampaian teori melalui buku-buku menyebabkan pemahaman konsep yang sangat kurang bagi siswa-siswa sekolah. Penalaran siswa-siswa ini hanya sebatas kalimat dan gambar yang ditampilkan di buku. Tidak adanya aplikasi nyata sebagai media pembelajaran berdampak kurang berkembangnya kreativitas dari guru dan siswa sekolah terhadap materi pembelajaran.

Sehubungan dengan itu, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diorganisir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu, dilaksanakan kegiatan Pembuatan dan Pengenalan Alat Peraga Instalasi Sistem Penerangan Menggunakan Panel Surya Sebagai Media Pembelajaran Energi Terbarukan di Sekolah Alam Bengkulu (SAB) Mahira oleh tim dosen Universitas Bengkulu yang berasal dari Program Studi Teknik Elektro.

Kegiatan pengabdian di Sekolah Alam Bengkulu Mahira dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 September 2020. Dalam kegiatan ini tim pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa terlibat secara langsung dengan pihak sekolah yang terdiri dari guru dan siswa. Tim diketuai oleh M. Khairul Amri Rosa, S.T., M.T. bersama anggota Ika Novia Anggraini, S.T., M.Eng. dan Afriyastuti Herawati, S.T., M.T. Dalam kegiatan ini, tim juga dibantu oleh beberapa mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro.

Kegiatan pengabdian di sekolah diawali dengan penjelasan materi tentang energi terbarukan khususnya pembangkit listrik tenaga surya, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan komponen-komponen dari alat peraga. Dalam suasana pandemi Covid-19 yang masih berlangsung pada saat ini, kegiatan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pada kegiatan ini juga didemonstrasikan alat peraga instalasi penerangan dengan menggunakan panel surya di hadapan guru dan siswa. Tim pengabdian menjelaskan kinerja dari instalasi penerangan modul panel surya tersebut. Siswa-siswa tertarik dengan penjelasan-penjelasan dan demonstrasi alat peraga tersebut sehingga memancing banyak pertanyaan dari siswa-siswa.

pengabdian-panel-surya

pengabdian-panel-surya

Produk kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa satu set alat peraga instalasi sistem penerangan menggunakan panel surya beserta kelengkapannya diserahkan kepada pihak sekolah yang diterima oleh Kepala SAB Mahira Bengkulu, Andisa Fitrianti, S.Pd. Penyerahan alat peraga ini dimaksudkan untuk membantu guru dan siswa dalam pemahaman konsep materi pembelajaran mengenai pembangkit listrik tenaga surya sebagai salah satu media pembelajaran. Dengan menjadikan alat peraga sebagai media pembelajaran nantinya dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran melalui aplikasi nyata.

 pengabdian-panel-surya

Diharapkan kedepannya, alat peraga yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah. Selanjutnya juga dapat dibuat alat-alat peraga lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan