USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected         

elco-2017.jpg

Program Studi Teknik Elektro adakan Workshop Kurikulum dan Kuliah Umum Menuju Revolusi Industri 4.0

Program Studi Teknik Elektro mengadakan Workshop Kurikulum dan Kuliah Umum dengan tema "Peran Lulusan Teknik Elektro dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0". Kegiatan Workshop dan Kuliah Umum ini diadakan di Aula Fakultas Teknik pada Senin 18 November 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Bapak Drs. Boko Susilo, M.Kom. Kegiatan diawali dengan Workshop Kurikulum yang dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi Teknik Elektro kemudian dilanjutkan kegiatan Kuliah Umum. Peserta Kuliah Umum ini dihadiri Dosen Program Studi Teknik Elektro dan seluruh mahasiswa Teknik Elektro sedangkan pemateri kegiatan ini adalah Bapak Prof.Dr Ing. Kalamullah Ramli, M.Eng. Bapak Prof.Dr Ing. Kalamullah Ramli, M.Eng berasal dari Guru Besar Universitas Indonesia Fakultas Teknik Departemen Teknik Elektro Prodi Teknik Komputer. Beliau pernah juga menjabat Dirjen PPI Kemkominfo, Kepala Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure.


Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasi teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya. Revolusi industri 4.0 memfokuskan pada penggunaan Artificial Intelligence, IoT, Cloud Computing, Network, Cyber-Physical System yang nantinya akan menggantikan sebagian besar pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia.


Paparan Guru Besar Prof. Kalamullah Ramli menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.0 ini akan terjadi pergeseran kompetensi dan skill yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Literasi lama (membaca, menulis dan matematika) akan berganti dengan literasi baru yaitu literasi data, teknologi dan literasi manusia. literasi manusia menjadi bagian dari general education yang harus dikuasai oleh manusia. literasi manusia ini memiliki bagian yang penting yang tidak dapat digantikan oleh robot atau mesin. Kurikulum program studi juga harus dikembangkan dan disesuaikan dengan literasi data, teknologi dan manusia agar lulusan-lulusan teknik elektro dapat bersaing di dunia kerja.

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan