USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected          RSS  

yudisium-29.jpg

Professor USM Beri Kuliah Umum Bertajuk “Tenaga Lestari dan Teknologi Hijau”

kuliah-umum-prof-haslan-abu-hassan

Prof. Dr. Haslan Abu Hassan dari School of Physics, Universiti Sains Malaysia, pada hari Jum’at, 6 April 2018 menyampaikan kuliah umum berjudul Tenaga Lestari dan Teknologi Hijau di Aula Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

Kuliah Umum yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Elektro ini dipenuhi dosen-dosen Fakultas Teknik dan fakultas lain di Universitas Bengkulu serta mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yang tertarik dengan pengembangan energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan. Beberapa undangan dari Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Bengkulu juga turut hadir.

Dalam kuliahnya, Prof. Haslan Abu Hassan menyampaikan materi dalam bahasa melayu dengan santai dan disertai candaan. Dia menekankan bahwa saat ini manusia harus beralih dari menggunakan sumber-sumber energi tidak terbarukan ke sumber-sumber energi terbarukan. Sumber energi tak terbarukan seperti minyak bumi dan batubara membutuhkan waktu hingga puluhan ribuan tahun, sedangkan sumber energi terbarukan dapat dihasilkan dalam waktu yang singkat.

Teknologi hijau merupakan pengembangan peralatan, produk, dan sistem yang  dapat menjaga alam sekitar dan meminimalkan efek negatif dari aktivitas manusia. Dalam bidang tenaga listrik, peralatan-peralatan yang dihasilkan atau digunakan untuk menunjang kehidupan manusia harus memimalkan penggunaan daya dan efisiensi yang tinggi. Contoh sederhana adalah penggunaan lampu LED yang hemat energi untuk menggantikan lampu konvensional.

Teknologi hijau juga harus diaplikasikan pada berbagai sektor lainnya. Dalam bidang arsitektur, bagunan didesain agar hemat dalam penggunaan energi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) memungkinkan manusia dapat memperoleh layanan tanpa harus meninggalkan rumah, seperti pemesanan tiket atau layanan perbankan secara online, sehingga menghemat biaya dan mengurangi pemakaian energi. Industri yang semakin berkembang juga harus menerapkan teknologi hijau sehingga tidak mencemarkan lingkungan.

Program Studi Teknik Elektro secara rutin menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dari kalangan akademisi maupun praktisi sebagai upaya untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan bagi dosen dan mahasiswa. 

Prof. Haslan Abu Hassan merupakan seorang dosen dan peneliti di Universiti Sains Malaysia dan menjabat sebagai Direktur Kowledge Transfer Center USM. Selain itu dia juga merupakan Sekretaris pada National Knowledge Transfer Programme Kementerian Pendikan Tinggi Malaysia. Prof. Haslan aktif melakukan riset-riset pada bidang material dan nanoteknologi dengan jumlah publikasi internasional yang sangat banyak (Google Scholar Citation). 

Foto kegiatan

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan