USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected          RSS  

kunjungan-semen-padang.jpg

Kuliah Umum “ICT Changes Business Paradigm” Oleh GM Telkom Bengkulu

kuliah-umum-telkom

Bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, Program Studi Teknik Elektro menyelenggarakan kuliah umum dengan pemateri Nugroho Setio Budi, General Manager PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Witel Bengkulu, 7 Desember 2017.

Kuliah umum ini bertajuk ICT Changes Business Paradigm (ICT as Engine of Economy Creator), yaitu bagaimana teknologi infromasi dan komunikasi telah mengubah paradigma dunia bisnis dan menjadi mesin kreator ekonomi. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Unib, Drs. Boko Susilo, M.Kom, dan dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Teknik dan ratusan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro.

kuliah-umum-telkom

Dalam materi yang diberikan, Nugroho Setio Budi menyampaikan tentang perubahan paradigma bisnis dari zaman ke zaman. Dia mengatakan bahwa ungkapan “siapa yang menguasai informasi, maka dia menguasai dunia” saat ini sudah tidak lagi sepenuhnya berlaku. Saat ini adalah eranya teknologi big data, dimana industri-industri ICT membentuk komunitas-komunitas besar dan mengumpulkan berbagai data dari komunitasnya, mengolahnya, dan kemudian memperoleh penghasilan yang besar dengan menjual data-data tersebut. Inilah yang dilakukan oleh Google, Facebook, dan sejenisnya.

Industri-industri yang tidak mampu mengikuti perkembangan zaman ini akan tertinggal dan tidak mampu bersaing. Nugroho mencontohkan bagaimana Kodak, Yahoo, dan Nokia, yang pada zamannya menjadi kiblat teknologi, sekarang sudah dilupakan. Sementara berbagai startup yang mengusung paradigma big data ini kemudian sekarang berkembang pesat.

Dia berpesan, mahasiswa sebagai generasi zaman milenial harus memiliki karakter pekerja keras dan menguasai teknologi. Mahasiswa tidak boleh berfikir bahwa ketika tamat kuliah hanya akan bersaing untuk menjadi pekerja tetapi juga harus memiliki jiwa enterpreneur, mempunyai skill yang tinggi, dan mampu melihat celah apa yang dibutuhkan masyarakat kemudian memberikan solusi yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Selain penyelenggaraan kuliah umum, Ketua Prodi Teknik Elektro bersama dosen-dosen Prodi Teknik Elektro juga berkesempatan berdiskusi dengan Nugroho untuk meningkatkan kerjasama Prodi Teknik Elektro dengan Telkom Bengkulu. GM Telkom Bengkulu ini berjanji akan memfasilitasi mahasiswa Teknik Elektro yang ingin melaksanakan Kerja Praktek di PT Telkom dengan memberikan lebih banyak pengetahuan lapangan dan pengalaman kepada mahasiswa.

Lihat Foto Kegiatan

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan