USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

yudisium-29.jpg

Workshop Penulisan Jurnal Internasional

workshop-jurnal

Di akhir tahun 2016, Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional. Workshop yang digelar 19-20 Desember 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas dosen-dosen Prodi Teknik Elektro serta Fakultas Teknik pada umumnya untuk mempublikasi hasil-hasil riset dan pemikiran pada Jurnal Internasional.

Menjadi pemateri pada workshop tersebut, Dr. Dedy H. B. Wicaksono, M.Eng., Dosen pada Biomedical Engineering Department, Faculty of Life Sciences and Technology, Swiss German University, Tangerang, Indonesia. Dr. Dedy yang baru saja bergabung sebagai dosen di Swiss German University sebelumnya adalah Dosen pada Faculty of Health Science and Biomedical Engineering, Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Rangkaian kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik, Drs. Boko Susilo, M.Kom. Dalam sambutannya yang diawali dengan memperkenalkan pimpinan dan dosen di Fakultas Teknik, Dekan mengapresiasi Prodi Teknik Elektro yang telah bekerja keras untuk merealisasikan kegiatan ini. Sesuai dengan visi Universitas Bengkulu untuk menjadi universitas berkelas dunia pada tahun 2025, dimana publikasi yang berskala internasional merupakan salah satu kriteria penting, workshop seperti ini sangat perlu untuk membantu mempercepat pencapaian visi tersebut.

Pada workshop ini, pemateri menyampaikan bagaimana menghasilkan sebuah penelitian yang baik dan bagaimana hasil penelitian dapat dipublikasikan pada sebuah jurnal internasional.  Kualitas penelitian menentukan kualitas jurnal dimana hasil penelitian dapat dipublikasikan. Semakin tinggi kualitas suatu penelitian, hasil penelitian dapat dipublikasikan pada terbitan yang bereputasi dan memiliki impact factor yang tinggi.

Pada sesi kedua, materi yang disampaikan adalah mengenai etika dalam riset dan publikasi. Peneliti harus menghindarkan hal-hal yang melanggar kode etik seperti plagiasi, termasuk self-plagiasi, duplikasi, pemalsuan data self-citation yang terlalu banyak. Di sesi terakhir, peserta workshop beserta pemateri fokus membahas draft artikel publikasi yang telah disiapkan masing-masing peserta. Pemateri memberikan catatan-catatan serta masukan untuk meningkatkan kualitas manuskrip dan menurunkan kemungkinan di-reject oleh penerbit jurnal.

Workshop ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri atas dosen-dosen Prodi Teknik Elektro ditambah utusan dari 3 Prodi lainnya di Fakultas Teknik UNIB. Seluruh peserta yang secara konsisten mengikuti rangkaian acara workshop mendapat manfaat yang besar serta inspirasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasinya.

Bidang yang ditekuni oleh Dr. Dedy Wicaksono adalah textile-based biomedical device, Bio-MEMS (micro electro-mechanical systems), textile-based Microfluidics, dan flexible and wearable biomedical devices. Di institusinya Dr. Dedy mengajar mata kuliah Biomechanics, Instrumentasi Biomedis, Pengenalan Teknik Biomedis, Biomaterials, dan Sesor dan Transducer.

Galeri di Facebook
Galeri di Facebook

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan