USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

1-min.jpg

Kuliah Umum Profesor Yasuhide Hobara dari UEC Tokyo di Fakultas Teknik Unib

kuliah-umum-hobara

Program Studi Teknik Elektro menerima kunjungan tamu istimewa Profesor Yasuhide Hobara dari University of Electro-Communications (UEC) Tokyo, Japan. Profesor Hobara, yang aktif melakukan berbagai riset yang berkaitan dengan fenomena gelombang elektromagnetik, memberikan kuliah umum di hadapan dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Unib, Kamis, 12 Nopember 2015.

Kuliah umum bertajuk “Sub-ionospheric Detection using Very Low Frequency (VLF) and Extremely Low Frequency” yang dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik ini dihadiri hampir seratus mahasiswa dan dosen. Prof. Yasuhide Hobara menyajikan analisis tentang fenomena gelombang elektromagnetik yang terjadi pada lapisan ionosfer dan litosfer dengan menggunakan antena pengirim dan penerima yang dipasang pada lapisan atmosfer, dan juga menggunakan perangkat satelit luar angkasa (monitoring space and earth environment). Ini bertujuan untuk memprediksi gejala-gejala alam yang terjadi, seperti petir ataupun badai yang ada di suatu wilayah.

Jepang merupakan negara yang frekuensi terjadinya gempa sangat tinggi. Hampir setiap hari ada wilayah di Jepang yang menjadi pusat gempa, sehingga riset semacam ini sangat dibutuhkan. Ketika salah seorang peserta menanyakan tentang tingkat keberhasilan prediksi gempa berdasarkan fenomena gelombang elektromagnetik ini, Hobara menjelaskan bahwa tingkat keakuratannya saat ini berkisar 50 persen bergantung pada parameter-parameter yang terdeteksi.

Profesor Yasuhide Hobara merupakan kepala Pusat Riset Seismo-Electromagnetics di University of Electro-Communications Tokyo. Penelitian-penelitiannya berhubungan dengan observasi dan penjelasan mengenai fenomena elektromagnetik di ruang angkasa dan lingkungan global dan menciptakan peta bahaya petir serta indikator pemanasan global dan prediksi gempa. University of Electro-Communications sendiri menurut data webometrics merupakan salah satu universitas terbaik di Jepang yang masuk dalam 50 besar dari sekitar seribu universitas di negeri sakura.

Hobara tiba di Bengkulu pada hari Rabu, 11 Nopember, bersama seorang dosen Teknik Elektro Unib yang sedang menempuh pendidikan S3 di bawah bimbingannya di Jepang, Hendy Santosa, ST, MT. Selain memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik, dia juga menyempatkan bertemu dengan pimpinan universitas untuk membicarakan rencana menjalin kerjasama dengan Unib terutama Prodi Teknik Elektro. Mereka juga memasang alat pemantau frekuensi sangat rendah di gedung laboratorium Fakultas Teknik.

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan