USER LOGIN

Masuk

 

 

Get Connected        RSS  

4-min.jpg

Kunjungan Mahasiswa ke PLTA Musi

kunjungan_plta_musi

Jum’at, 27 Pebruari 2015, rombongan mahasiswa Teknik Elektro Unib melakukan kunjungan studi ke PLTA Musi di Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiyang. Sebanyak 80 mahasiswa berangkat dari kampus Unib pada pagi hari didampingi dua orang dosen, Alex Surapati dan Khairul Amri Rosa.

Setibanya di lokasi, rombongan disambut Manajer PLTA Musi, Siswoko, beserta stafnya Siyapik dan Agus Toni. Rangkaian kegiatan kunjungan dimulai setelah melaksanakan sholat Jum’at disebabkan rombongan baru tiba menjelang tengah hari. Acara dimulai dengan sambutan Manajer PLTA Musi dalam suasana yang santai di bawah pohon rindang. Dalam sambutannya Siswoko mengharapkan mahasiswa dapat memetik banyak pelajaran yang berguna untuk studi.

Selanjutnya pengarahan kepada mahasiswa diberikan oleh Asisten Manajer Siyapik. Dia memberikan penjelasan singkat mengenai situasi PLTA Musi yang terbagi menjadi empat unit utama, yaitu Intake Dam, Main Control House (MCH), Power House (PH) dan Re-regulating Dam. “PLTA Musi mempunyai total pembangkitan 3 x 70 MW. Generator dan turbin yang terletak di dalam PH berada pada kedalaman 400 meter. Konstruksi PH tersebut dirancang tahan terhadap guncangan hingga 12 SR. Namun demikian kita tetap berdoa semoga kegiatan ini berjalan lancar hingga selesai,” ujarnya. Siyapik juga mewanti-wanti agar mahasiswa berhati-hati dan tidak berbuat sembarangan selama berada di area PLTA.

Rombongan kemudian bergerak menuju PH menyusuri jalan menurun sepanjang kurang lebih 15 km. Kemudian memasuki terowongan sejauh 1 km untuk mencapai lokasi generator. Di PH, rombongan dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing dipandu oleh Siyapik dan Agus Toni. Di sana mahasiswa berkesempatan melihat generator, turbin dan alat-alat berukuran raksasa yang jauh lebih besar daripada generator yang dipelajari di laboratorium. Antusiasme mahasiswa sangat tinggi dan banyak mengajukan pertanyaan meskipun suasana yang panas dan kebisingan akibat deru mesin-mesin yang sedang beroperasi.

Kemudian acara di lanjutkan di MCH. Suasana yang lebih kondusif menyebabkan keingintahuan mahasiswa mendapatkan penjelasan yang lebih detil. Di sini Siyapik menjelaskan PLTA Musi merupakan PLTA yang unik yang berbeda dengan PLTA lainnya. “Kalau PLTA lain air dibendung dari sungai lalu digunakan memutar turbin dan kemudian dikembalikan ke sungai asalnya. PLTA Musi berbeda, karena air yang diambil dari sungai Musi tidak kembali ke sungai asal, tetapi dialirkan ke sungai Simpang Aur. Oleh karena itu di PLTA Musi terdapat re-regulating dam untuk menjaga agar debit air buangan tidak menyebabkan banjir. Kalau daerah di bawah banjir dan re-regulating dam penuh, unit-unit harus berhenti beroperasi meskipun persediaan air di intake dam cukup.”

Terakhir, Siyapik memberikan motivasi bagi mahasiswa agar belajar dengan sungguh-sungguh. “Kalau Anda mau bekerja di tempat seperti ini maka harus belajar sekeras-kerasnya. Yang paling penting adalah kemampuan dalam matematika dan bahasa Inggris serta pengetahuan tentang teknologi digital, PLC, SCADA, atau keahlian dalam pemrograman.”

Rangkaian acara kunjungan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa Teknik Elektro Unib yang diserahkan oleh dosen pendamping, Alex Surapati kepada Manajer PLTA Musi, Siswoko. Kemudian rombongan bergerak untuk kembali ke Bengkulu.

Kunjungan kali ini boleh dibilang sangat terkendala dalam perjalanan. Sedianya rombongan berangkat menggunakan dua bus, namun ditengah perjalanan, salah satu bus rusak dan tidak dapat melanjutkan perjalanan. Setelah bersusah payah, akhirnya perjalanan dilanjutkan dengan satu bus yang penuh sesak ditambah satu buah mobil yang kebetulan melintas. Akibatnya, rombongan yang dijadwalkan tiba pada pukul 10 pagi, terlambat hingga jam 11.30.

Kunjungi Galeri

 

isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan